Beberapa waktu kebelakang tepatnya ketika selesai menginstal game PUBG dan hendak menjalankannya ternyata tidak bisa karena muncul peringatan MSVCP140.dll error. Admin sendiri awalnya kurang paham tentang masalah yang sebenarnya, baru sekedar perkiraan kalau masalah berasal dari file Visual C++ ada yang belum terinstal di laptop.

Cara Mengatasi MSVCP140.dll Error

Dan ternyata benar, kalau ada salasatu visual C++ yang belum Admin instal, yang dimana Visual C++ tersebut terisi file MSVCP140.dll.

Mungkin pembaca juga penasaran, file MSVCP140 itu ada di Visual C++ versi berapa? MSVCP140.dll adalah file extensi dll yang terinclude didalam microsoft visual C++ 2015. Dan karena Admin belum menginstal visual C++ 2015 makanya system windows tidak menemukan keberadaan file tersebut.

Nah kalau pembaca sedang mengalami masalah yang sama dengan yang pernah Admin alami, pada kesempatan ini Admin akan berbagi tips tentang cara mengatasi MSVCP140.dll error di wondows 7, windows 8 dan windows 10.

Mungkin tips ini berlaku untuk varian windows selain yang Admin jelaskan. Namun karena tidak punya pengalaman untuk selain windows 7, windows 8 dan windows 10. Sebaiknya kalau jenis OS yang Anda gunakan berbeda tidak ada salahnya untuk mencobanya. Siapa tau cara ini bisa work atau bekerja dengan baik.

Cara mengatasi MSVCP140.dll error

Ada 2 cara untuk mengatasi masalah MSVCP140.dll error, dimana dua cara yang akan Admin jelaskan sama-sama work dan berhasil mengatasi masalah diatas. Agar lebih jelas silahkan simak baik-baik agar tidak terjadi kesalahan yang bisa menimbulkan masalah lain pada komputer/laptop Anda.

1. Menginstal MSVCP140.dll secara manual

sebagai berikut:

  • Pertama-tama download dulu File MSVCP.dll lewat link berikut: MSVCP.dll windows 32 atau MSVCP.dll windows 64.
  • Setelah selesai didownload lalu extract dan copy file dllnya.
  • Selanjutnya buka drive C atau drive tempat instalasi windows berada.
  • Lalu buka folder Windows --> System32 dan paste file MSVCP.dll tadi di System32 tersebut.
  • Restart PC/Laptop.

Setelah windows selesai booting silahkan coba jalankan lagi aplikasi atau game yang error MSVCP.dll tadi. Saya yakin kalau Anda mengikuti semua tips diatas maka masalah akan teratasi.

2. Menginstal Microsoft Visual C++ 2015

Kalau cara yang pertama dianggap ribet, silahkan gunakan cara yang kedua yaitu menginstal visual C++ 2015 langsung pada system komputer Anda.

Caranya sebagai berikut:

  • Download dulu Visual C++ 2015 langsung di situs microsoft dengan mengklik link berikut:Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015.
  • Setelah masuk ke link diatas, silahkan lanjut dengan mengklik tombol Download.
  • Selanjutnya ceklist pada pilihan vc_redist.x64.exe atau vc_redist.x86.exe, pilihan yang sesuai dengan jenis OS komputer Anda.
  • Selanjutnya klik Next.
  • Dan setelah selesai didownload silahkan instal sampai selesai.
  • Setelah selesai menginstal Visual C++ 2015 jangan lupa untuk mereboot komputer.

Demikianlah tips singkat tentang cara mengatasi MSVCP.dll error yang bisa Admin sampaikan. Semoga bermanfaat.