Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 - Windows Defender adalah Antivirus dan Firewall bawaan dari instalasi Windows. Yang dibuat oleh pihak microsoft untuk mencegah serangan virus yang bisa membahayakan komputer setiap pengguna OS Windows.

Setiap kali kita menginstal OS Windows 10 otomatis Antivirus Windows Defender tersebut akan langsung aktif memproteksi komputer.

Namun sayangnya, dengan aktifnya Windows Defender di Windows 10 bisa menyebabkan banyak aplikasi terutama aplikasi Portable exe yang tidak bisa dijalankan karena tereteksi sebagai aplikasi berbahaya. Seperti beberapa aplikasi buatan saya ketika menggunakan Windows 7.

Padahal di OS windows sebelumnya seperti di Windows 7, aplikasi-aplikasi tersebut tidak ada masalah.

Setiap jenis aplikasi yang terdeteksi sebagai Virus atau malware akan dirubah ukurannya dari ukuran aslinya menjadi sekitar 522 kb. Sehinggan tidak mungkin bisa dijalankan sekalipun sudah menggunakan mode "Run As Administrator".

Dengan begitu bisa dibilang kalau Windows Defender di Windows 10 ini terlalu sensitif terhadap jenis aplikasi yang sifatnya menjalankan system ingoing dan outgoing connection.

Baca Juga: 16 Cara merawat Laptop agar awet dan tetap terjaga performanya.

Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 tersebut.

Namun saya sarankan sebaiknya kalau Anda hendak menonaktifkan Windows Defender jangan bersifat permanen. Nonaktifkan hanya bisa diperlukan saja seperti ketika hendak menjalankan aplikasi yang diblokir oleh Windows Defender saja.

Setelah selesai menggunakan Aplikasi yang di blokir, segera aktifkan kembali Windows Defendernya untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.

Mengingat untuk saat ini banyak sekali upaya orang jahat dengan mengguankan virus sebagai jalan untuk merusak privacy bahkan memeras harta pengguna komputer.

Cara mengaktifkan dan menonaktfikan Windows Defender di Windows 10

Karena pada defaultnya sudah aktif, kita mulai dari menonaktifkannya terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:
  • Pada pencarian ketik "Windows Defender" tanpa tanda kutip.
  • Selanjutnya akan muncul jendela baru dan klik pada Windows Defender Settings.
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10
  • Selanjutnya akan muncul lagi jendela baru dan silahkan klik pada Virus & Threat Protection.
  • Selanjutnya akan muncul lagi jendela baru dan klik pada Manage Settings tepat ada dibawah Virus & Theart Protections Settings.
  • Dan langkah terakhir adalah meng-off kan Real-Time Protection yang tadinya ON.
Real-Time Protection

  • Setelah berhasil merubah Real-Time protection dari ON menjadi OFF, silahkan reboot komputer Anda.
  • Sampai disitu Anda sudah berhasil menonaktifkan Windows Defender. Lalu untuk mengaktifkannya kembali silahkan ulangi langkahnya seperti diatas dan pada bagian terakhir yaitu pada Real-Time Protection rubah lagi menjadi ON.

Gimana mudah bukan? Demikianlah cara mengaktfikan dan menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 yang bisa saya sampaikan. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar untuk judul "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10"

Posting Komentar