Cara merawat laptop - Banyak yang mengeluhkan tentang laptopnya yang cepat rusak, padahal laptop yang mereka beli bukan laptop murahan, justru yang bermerk dan berkualitas dengan harga yang lumayan mahal. Menurut saya cepat rusaknya laptop yang mereka gunakan bukan karena salah merk, tapi mereka tidak tau cara merawat laptop tersebut. Sehingga dalam rentan waktu pemakaian yang relatif singkat laptop harus diservis bahkan banyak yang jadi barang rongsokan.

Cara merawat Laptop

Cara merawat laptop agar awet dan tetap terjaga performanya bukanlah pekerjaan yang sulit, dan tentu bisa dilakukan oleh setiap pemilik laptop, tanpa harus melibatkan teknisi juga tidak harus mengeluarkan biaya perawatan yang terlalu mahal.

Baiklah, dibawah ini adalah beberpa cara merawat laptop, yang baik dan benar agar umur laptop Anda lebih panjang dan tetap terjaga performanya. Silahkan simak baik-baik.

1. Bersihkan body laptop secara rutin

Kotoran dan debu yang menempel pada body laptop kalau dibiarkan dalam waktu yang lama akan menjadi noda yang membandel. Ini selain akan merusak penampilan juga lambat laun debu dan kotoran tersebut akan masuk kedalam laptop dan bisa menyembabkan laptop jadi cepat panas. Karena ruang sirkulasi udara yang harusnya bisa memberikan udara dingin dan membuang panas terhambat oleh debu dan kotoran.

Membersihkan body atau cashing laptop bisa menggunakan tisue yang dikasih sedikit air agar sekadar lembab saja jangan sampai basah. Dan jangan sesekali membersihkan body laptop menggunakan bahan yang mengandung zat minyak, karena bisa merusak teksture lapisan dari bahan yang digunakan untuk membuat cahsing laptop.

2. Gunakan penutup keyboard dari bahan silicon

Selain menjaga agar tanda huruf dan angka pada keyboard tetap bersih tidak pudar, menggunakan penutup keyboard juga berguna untuk menjaga agar debu tidak sampai masuk ke sela-sela keyboard. Karena kalau sela-sela keyboard sudah dipenuhi oleh debu, selain akan membuat keyboard macet tidak nyaman ketika di klik juga bisa menyebabkan keruskan keyboard.

3. Carger baterai laptop sampai penuh sebelum digunakan

Kebiasaan buruk hampir semua pengguna laptop adalah menggunakan laptop sambil di carger, hal ini sangat jelas akan mempercepat umur baterai. Karena molekul-molekul dalam baterai akan terus bekerja mengisi dan mengeluarkan daya, sehinggan baterai jadi cepat panas dan umurnya akan menjadi pendek.

Setiap baterai dalam keadaan full biasanya akan bertahan 3-6 jam. Saya rasa sangat cukup untuk melakukan aktivitas wajar dengan laptop. Dan ketika indikator baterai sudah menunjukan batas minimal dengan munculnya peringatan baterai akan segera habis, segera matikan laptop dan carger lagi sampai penuh.

Mungkin Anda bertanya, apakah ada resiko lain kalau menggunakan laptop dalam keadaan sambil di carger? Sejauh ini untuk kerusakan hardware memang sangat kecil, namun yang pasti kalau kebiasaan menggunakan laptop sambil dicarger terus dibiasakan, resiko terburuk bagi Anda adalah harus mengganti baterai dalam waktu yang relatif singkat dari garansi yang dijanjikan oleh produsen laptop itu sendiri.

4. Jangan gunakan laptop pada ruang kedap udara

Hawa panas didalam mesin laptop membutuhkan udara yang cukup untuk mengambil udara dan membuangnya, terkadang kebiasaan buruk sipengguna laptop suka mengabaikan hal ini. Contoh kecilnya suka menggunakan laptop diatas bantal atau kasur. Apakah tidak sadar kalau sirkulasi udara kebanyakan laptop berada dibawah. apabila ruang sirkulasi tertutup otomatis tidak ada hisapan udara untuk membuang panas dari dalam mesin laptop.

5. Jangan gunakan laptop sampai baterai benar-benar habis

Biasanya ketika baterai sudah mau habis atau hanya tersisa beberapa persen saja system akan memberitahukan. Nah segera matikan laptop sebelum mati sendiri, karena kalau dibiarkan mati sendiri system akan mengalami error dan tidak akan mampu menyimpan temporary file. Sering kejadian kalau laptop dibiarkan sampai baterai habis dan mati sendiri ketika dinyalakan kembali akan meminta recovery.

6. Gunakan baterai cadangan

Menggunakan baterai cadangan jauh lebnih baik dan lebih disarankan daripada menggunakan laptop dalam keadaan sambil di carger. Mungkin Anda punya kepentingan lebih lama dalam sehari dengan laptop sehingga baterai yang hanya mampu bertahan 4-5 jam tidak cukup untuk menjalankan aktivitas Anda sehari-sahari. Maka dari itu sebaiknya gunakan baterai cadangan yang bisa Anda isi kapan saja tanpa harus mengisinya langsung dengan laptop.

7. Matikan laptop apabila sedang tidak digunakan

Ini masih kebiasaan buruk yang sering saya jumpai ketika menjalankan profesi sebagai teknisi panggilan. Banyak sekali pengguna yang suka membiarkan laptop standby padahal sedang tidak digunakan. Padahal menurut saya untuk apa laptop dibiarkan tetap menyala kalau memang sedang tidak digunakan.

Dan ada juga kebiasan yang lebih buruk lagi adalah membiarkan laptop dalam keadaan stanby atau mode sleep lalu membawa laptop tersebut jalan-jalan. Seperti membawa laptop yang dalam keadaan menyala dari kantor ke rumah. Perlu Anda ketahui kalau disetiap laptop ada sensor sensitif yang akan merubah otomatis mode sleep ke mode siaga. Hal ini akan menyebabkan hardisk cepat rusak karena berjalan sambil menerima getaran terlalu kuat.

8. Jangan mematikan laptop menggunakan tombol power

Tombol power yang ada pada setiap laptop hanya boleh digunakan untuk menyalakannya saja, sementara untuk mematikan laptop disaran menggunakan menu shotdown. Karena kalau langsung menggunakan tombol power selain system tidak punya waktu untuk menyimpan dulu file cache juga optik pada hardisk akan berhenti dipiringan hardisk tepat ketika laptop dimatikan dengan tombol power.

Ini sangat berbahaya untuk hardisk, karena kebanyakan hardisk menggunakan teknologi pengembalian sensor optik hardisk keposisi awal pada saat laptop sedang shutdown. apabila arus daya yang menggerakan optik sudah terlanjur terhenti, berarti laju optik menuju posisi awal akan menggores piringan hardisk sehingga akan menimbulkan hardisk badsector.

9. Pasang antivirus

Banyak orang beranggapan kalau menggunakan antivirus maka kinerja laptop menjadi lambat. Itu memang benar kalau menggunakan antivirus secara asal-asalan. Ynag perlu Anda perhatikan ketika mau menginstal antivirus yaitu harus sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Perlu Anda ketahui kalau virus saat ini bukan hanya menyerang software saja, tapi juga menyerang hardware. Banyak kejadian laptop tiba-tiba mati yang diakibatkan oleh ulah virus. Oleh sebab itu mengintal antivirus pada laptop itu adalah wajib.

Baca juga: Tips Melindungi Komputer Dari Serangan Virus.

10. Scan dulu setiap program atau aplikasi dengan antivirus sebelum menginstalnya

Terkadang ada virus yang baru terdeteksi oleh antivirus ketika sedang di instal atau mau selesai proses penginstalan, cara kerja virus tersebut akan mendisable dulu secara otomati pada saat instalasi awal. Nah oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk melakukan scanning dulu sebelum memutuskan menginstal sebuah program software atau aplikasi apapun.

11. Jangan gunakan laptop pada suhu yang terlalu panas

Pada dasarnya pembuang panas dari dalam laptop itu menyerap dulu udara dingin dari ruangan dimana laptop tersebut digunakan. Nah apabila udara yang diserap oleh laptop sudah berrupa udara panas maka tidak akan efektif mendinginkan CPU didalam laptop. Makanya sering kejadian laptop mati secara tiba-tiba apabila suhu dalam laptop sudah terlalu panas.

12. Jangan gunakan laptop dalam ruangan berdebu

Walau Anda rajin membersihkan laptop tapi kalau udara yang diserap oleh system pendingin laptop mengandung debu maka lama kelamaan debu harus tersebut akan menjadi gumapalan lembab didalam laptop, dan apabila terkena hawa dingin sigumapalan lembab tersebut akan menguhungkan singkat antara komponen dengan komponen. Hal ini bisa menyebabkan konsleting dan bisa berakibat laptop menjadi rusak.

13. Bersihkan daleman laptop minimal 6 bulan sekali

Serajin apapun kita memebrsihkan laptop tapi tetap saja akan masuk debu kedalam mesin laptop, nah oleh sebab itu diwajibkan untuk membuka dan membersihkan daleman laptop minimal 6 bulan sekali. Kalau Anda tidak sanggup memukanya sendiri sebaiknya dibawa ke ahlinya, saya rasa kalau hanya membersihkan saja biayanya tidak akan terlalu mahal. Ini lebih baik daripada membiarkan debu merusak laptop dan kalau sudah rusak parah biaya perbaikan akan jauh lebih mahal lagi.

14. Bersihkan sampah system secara berkala

Agar laptop selalu terjaga performanya maka sangat disarankan untuk rajin membersihkan file-file sampah didalam system. File sampah tersebut tercipta setiap kali Anda menggunakan komputer. Apabila sampah-sampah tersebut tidak rajin dibersihkan akan menyebabkan kinerja komputer menjadi terhambat. Atau dengan kata lain, sekalipun laptop tetap mampu menjalankan setiap perintah Anda tapi suhu CPU dan putaran hardisk tidak akan normal, ini jelas kalau dibiarkan dalam waktu yang lama bisa merusak performa komputer Anda.

15. Jauhkan laptop dari jangkauan anak dibawah umur

Sekalipun Anda sangat sayang sama Anda tapi membiarkannya mengerjakan komputer tanpa bimbingan Anda maka itu sifatnya merusak. Karena yang namanya anak-anak selain melakukan hal yang benar akan lebih sering melakukan kesalahan. Seperti pengalaman saya dulu sering membiarkan anak saya memainkan laptop sendiri, pasti ada saja yang rusak, entah itu tombol keyboard dicongkel sampai patah atau menyiramkan air ke laptop. Ya yang namanya anak kecil tau apa, yang mereka atau hanyalah kalau yang sedang mereka pegang adalah mainan.

16. Jangan gunakan laptop ketika cuaca sedang hujan lebat

Musibah tidak ada yang tau, tapi paling tidak Anda telah mengantisipasinya. Menggunakan laptop pada saat cuaca sedang buruk, sedang terjadi hujan lebat itu sangat tidak dianjurkan. Karena bisa saja terjadi sambaran petir yang bisa mengakibatkan kerusakan parah pada laptop.

Sekalipun Anda sudah menggunakan anti petir tapi bisa saja sambaran petir mengenai aliran listrik yang masih tersambung kerumah Anda dan terjadi lonjakan arus listrik. Kerusakan akibat sambaran petir biasanya jarang bisa diperbaiki kecuali mengganti motherboardnya.

Nah demikian cara merawat laptop agar awet dan terjaga performanya yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya yang akan selalu update di blog ini.

Baca Juga: Software dan Aplikasi Penting untuk Laptop (Wajib Terinstal).