Virus adalah musuh nomer satu bagi komputer, oleh sebab itu setiap pengguna wajib mengetahui cara mencegah atau melindungi komputernya dari berbagai serangan virus. Karena kalau komputer sudah terinfeksi virus selain bisa merusak software dan hardware, juga bisa merusak bahkan menghancurkan privacy penggunanya.

Tips Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang membawa manusia kearah yang lebih baik, ternyata bisa membuat manusia menjadi semakin jahat. Seperti sengaja membuat virus dan menyebarkannya lewat berbagai media untuk mencari keuntungan dari kerusakan yang disebabkan oleh virus yang dibuatnya.

Seberapa besar bahaya virus kalau sudah masuk pada komputer?

Komputer kalau sudah terinfeksi virus biasanya akan timbul beberapa masalah, diantaranya:

  • Kinerja komputer menjadi lambat
  • Sering Hank
  • Sering mati sendiri
  • Menyebarkan malware ketika sipengguna mengakses internet dan media sosial
  • Menghapus atau merusak file dan aplikasi
  • Memformat hardisk tanpa sepengetahuan pengguna
  • Mengunci komputer
  • dan masih banyak lagi.

Nah kalau sudah begitu maka yang seharusnya komputer bisa jadi asisten pribadi yang membantu setiap pekerjaan, malah bisa jadi bencana yang merusak segalanya.

Baca Juga: 16 Cara merawat Laptop agar awet dan tetap terjaga performanya

Cara melindungi komputer dari serangan virus berbahaya

Disini saya akan menjelaskan beberapa tips agar komputer Anda terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh virus.

1. Jangan sembarangan memasukan USB Flashdisk

Virus bisa menyebar lewat media seperti USB Flashdisk. Misalnya USB Flasdisk tersebut pernah digunakan pada komputer yang sudah terinfeksi virus, maka otomatis virus tersebut akan nempel pada Flashdisk dan mencari mangsa baru kalau Flashdisk tersebut dipasang pada komputer lain.

Kalau ada teman atau kerabat yang meminta Anda untuk membuka atau melihat file yang ada USB Flashdisknya, pastikan tanyakan dulu apakah USB flashdisk itu aman dari virus atau tidak. Atau paling tidak tanyakan apakah komputer sebelumnya yang digunakan menggunakan Antivirus atau tidak.

Bukan hal baru kalau Virus bisa dengan mudah masuk lewat USB Flashdisk. Jadi agar komputer Anda aman dan terhindar dari virus sebaiknya berhati-hati kalau hendak memasang USB Flashdisk yang tidak Anda ketahui darimana asalnya.

2. Jangan mengkoneksikan internet pada saat komputer sedang booting

Internet atau sambungan internet adalah media paling sering digunakan oleh sipemuat virus untuk menebarnya. Mereka bisa saja memanfaatnkan IP adress dari internet dikomputer Anda untuk memasukan virus secara diam-diam.

Jadi sebaiknya sebelum komputer menyala dengan sempurna jangan dulu mengkoneksikan internet. Kalau komputer sudah siap aru koneksikan internet agar kalau ketika ada virus mau masuk bisa kita lihat gerak geriknya.

3. Jangan browsing ke sembarang situs yang ditandai sebagai situs tidak aman

Mungkin ketika Anda mau browsing kesebuah situs pernah mendapat peringatan kalau situs yang mau Anda kunjungi adalah situs yang ditandai sebagai situs tidak aman.

Dan biasanya ada pilihan apakah kita mau membatalkan atau meneruskan masuk ke situs tidak aman tersebut dan tentunya dengan konsekuensi yang harus Anda tanggung sendiri.

sarankan sebaiknya jangan. Karena system browser seperti Google chrome, mozilla dan yang lainnya sudah dirancang sedemikian rupa untuk keamanan penggunanya.

Tidak mungkin akan muncul peringatan seperti itu kalau system keamanan browser tidak mendeteksi adanya sesuatu yang mencurigakan.

4. Jangan keseringan menggunakan VPN atau SSH gratisan

Biasanya SSH atau VPN gratisan dipakai bersama-sama oleh banyak user. Bagaimana kalau salahsatu penggunanya adalah penyebar virus? Tentu dia akan dengan sangat mudah menyusupkan virus ke komputer yang IP nya sama berdasarkan IP VPN dan SSH gratisan tadi.

Sebaiknya kalau hendak menggunakan SSH atau VPN gunakan yang premium agar IP yang dipakai hanya yang Anda gunakan saja.

5. Jangan sembarangan memposting email

Terkadang ketika kita mau masuk atau mau memberi komentar disebuah situs, pemilik situs tersebut menggunakan fitur yang mewajibkan user kalau mau berkomentar harus memasukan email terlebih dahulu.

Nah secara tidak langsung kalau Anda melakukan itu sama saja dengan memeberi kemudahan sama orang jahat untuk mengirim virus lewat email. Perlu saya yakinkan kalau virus bisa masuk dari media apa saja termasuk lewat email.

6. Jangan sembarangan mengklik tautan

Ketika kita sedang browsing atau sedang mengakses media sosial, terkadang banyak tautan atau link yang tersebar dan menarik perhatian kita untuk mengkliknya.

Sebaiknya perhatikan dulu profile sipenyebar link tersebut teman Anda atau bukan, sekalipun teman coba perhatikan kirima--kiriman diberandanya. Karena kalau akun seseorang terinfeksi malware dari virus akan terlihat aneh dari biasanya.

7. Gunakan Antivirus

Saya rasa semua masalah bisa tercegah kalau pada setiap komputer terinstal Antivirus. Karena Antivirus sudah dirancang untuk melindungi penggunanya dari serangan virus yang berasal dari berbagai media.

Seperti kalau Anda memasukan flashdisk maka Antivirus akan melakukan scaning terhadap Flasdisk tersebut mendeteksi ada atau tidak adanya virus didalamnya.

Juga kalau Anda membuka file, software, aplikasi, browser, system keamanan dari Antivirus akan terus memantau setiap gerak gerik penggunanya dan akan segera mencekal kalau ada virus yang mau masuk.

Antivirus Anda bisa menggunakan Antivirus bawaan dari komputer sendiri seperti Windows Defender kalau Anda menggunakan OS Windows.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10.

Bisa juga menggunakan Antivirus pihak ketiga yang dirasa paling cocok untuk melindungi komputer Anda dari berbagai serangan virus.

pembahasan kali ini tentang tips atau cara mencegah dan melindungi komputer dari serangan virus yang pasti akan membahayakan setiap komputer.