Tentu setiap orang akan merasa jengkel dan juga khawatir apabila Smartphone Android baru saja dipakai sebentar sudah panas dan baterai cepat habis.

Nah disini saya akan berbagi informasi tentang penyebab smartphone android cepat panas dan mudah habis baterai serta beberapa tips jitu untuk mengatasinya.

Penyebab HP Android Cepat Panas, Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya setiap perangkat smartphone android dilengkapi dengan baterai yang apabila digunakan secara terus-menerus akan bertahan 4-6 jam saja. Dan untuk level panas sudah disesuaikan dengan penggunaan wajar. Jadi tidak akan terjadi panas berlebihan dan tidak akan boros baterai apabila tidak ada masalah eksternal dan internal pada smartphone android tersebut.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi android cepat panas dan boros baterai

1. Jangan gunakan smartphone android dalam kondisi jaringan jelek.

Ketika sinyal ditempat Anda menggunakan smartphone android tidak bagus, maka IC PA yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim sinyal akan bekerja dua kali lipat dari batas wajar bahkan lebih.

Dan karena IC PA bekerja terus menerus mencari jaringan yang bagus maka akan memaksa baterai untuk terus mengalirkan arus pada IC PA. Dengan begitu otomatis baterai akan lebih boros dan Android akan jadi cepat panas. Karena pemanasan terjadi dari IC PA juga dari baterai yang dipaksa terus bekerja maksimal.

Untuk itu sebaiknya kalau Anda sedang berada ditempat yang jaringan internetnya kurang bagus jangan aktifkan data internet.

2. Non aktifkan aplikasi yang tidak terpakai dilatar belakang

Mungkin banyak pengguna Smartphone Android yang tidak menyadari kalau ketika smartphone android dihidupkan maka puluhan aplikasi akan berjalan sendiri dilatar belakang tanpa sepengetahuan pengguna.

Nah aplikasi-aplikasi tersebut punya andil yang sangat besar terhadap ketahanan baterai dan juga bisa menyebabkan Smartphone Android menjadi cepat panas. Bahkan selain dua masalah itu, untuk kuota data juga akan menjadi boros. Karena pada dasarnya semua aplikasi yang terinstal pada Smartphone Android tetap membutuhkan koneksi internet.

3. Mengisi baterai sambil digunakan.

Ini adalah kebiasaan buruk hampir semua pengguna Smartphone Android. Yaitu mengisi baterai sambil terus menggunakan Android. Anda harus tahu kalau baterai android akan cepat panas apabila diisi sambil digunakan, karena selain molekul-molekul pada baterai terus bekerja mengisi dan membuang, IC yang berfungsi sebagai pengisi baterai juga akan bekerja sebagai baterai sementara. Jadi selain mengisi baterai, IC tersebut akan bekerja sebagai sumber daya android.

Dengan begitu otomatis kerja dari IC tersebut akan menjadi dua kali lipat, dan akan terjadi panas yang berlebihan. Nah bayangkan saja panas dari baterai dan panas dari IC pengisi daya baterai apabila diserap oleh body smartphone android jelas akan menimbulkan panas yang berlebihan.

4. Memaksa bermain game yang berat

Memang rata-rata untuk game yang bisa dimainkan oleh smartphone android adalah game-game berat. Namun karena ketertarikan ingin merasakan keseruan dari game tersebut kita tidak mengabaikan kapasitas RAM dari smartphone android yang digunakan. Sehingga tanpa memperdulikan kalau RAM akan dipaksa tergunakan sepenuhnya hanya untuk bermain game.

Perlu Anda ketahui, kalau RAM dikerjakan seluruhnya bisa membuat smartphone android cepat panas dan bateraipun jadi lebih boros. Untuk itu sebaiknya jangan memksa smartphone android untuk memainkan game yang terlalu berat dan diluar kemampuan kapasitas RAM dari Android tersebut.

5. Menggunakan thema animasi

Ketika smartphone android menggunakan thema animasi yang terlihat hidup akan memberikan kesan mewah pada android dan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Namun perlu Anda ketahui, kalau thema animasi bergerak bisa menguras kinerja baterai. Apalagi kalau thema yang digunakan merupakan thema gratisan yang ada iklan didalamnya.

Selain menguras baterai juga akan menguras kuota internet. Dan akan membuat android cepat panas apabila smartphone android tersebut berada pada lokasi yang jaringan internetnya jelek. Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian 1.

Jadi alangkah baiknya demi keawetan dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone android, gunakan thema yang ringan yang tidak memakan RAM dan tidak menguras kinerja baterai.

6. Menggunakan smartphone android pada ruangan atau tempat yang panas

Smartphone android merupakan perangkat mobile yang akan terus aktif bekerja baik sedang digunakan maupun sedang dalam mode standby. Oleh sebab itu tetap punya potensi terjadinya panas. Nah panas yang ditimbulkan apabila ditambah dengan ruangan atau tempat yang panas pula akan terjadi panas dua kali lipat.

Bisa dipikir secara logika, yang harusnya panas tersebut dikurangi oleh sirkulasi udara dari ruangan, ini malah ditambah.

Demikianlah tips agar smartphone android tidak cepat panas dan tidak boros baterai yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.