Cara Membuat Akun Google Gmail Dengan Mudah
Cara Membuat Akun Google Gmail

Cara Membuat Akun Google Gmail bukanlah perkara yang sulit, cukup dengan beberapa langkah kamu akan memiliki sebuah akun Google serta akun Gmail sekaligus. Kalau kamu pemula yang masih awam tentang cara membuatnya, disini saya akan menunjukan langkah-langkahnya secara lengkap.

Namun sebelum kita lanjut ke cara membuat akun Google dan gmail, saya akan menjelaskan dulu tentang apa itu akun Goolge dan apa itu akun Gmail.

Apa itu akun Google?

Akun Google adalah sebuah akun yang diperuntukan agar kamu bisa mengakses semua layanan Google. Seperti untuk Google Play Store, YouTube, Google Maps, Spreadsheet, Google Drive, Blogger, Hangouts, Gmail, Google bisnis, G-suit, Google Adsense, Admob, Adwords, dan masih banyak lagi. Tanpa memiliki akun Google, kamu tidak mungkin bisa mengakses semua layanan Google secara utuh.

Apa itu akun Gmail?

Akun gmail adalah sebuah akun email yang akan otomatis tercipta ketika kamu membuat akun Google. Dengan akun email kamu bisa melakukan apa saja di internet dan dunia nyata.

Seperti misalnya kamu mau mendafatar sebuah layanan yang membutuhkan email, maka dengan akun email dari Google semuanya pasti bisa. Atau misalnya kamu mau membuat akun facebook, instagram, twitter yang merupakan layanan jejaring sosial paling banyak digemari, maka akun email Google lah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan.

Belum lagi untuk kebutuhan di dunia nyata. Tentu kamu sudah tahu, kalau seseorang mau melanjutkan studi atau mau melamar pekerjaan, email merupakan hal penting yang harus dimiliki.

Persyaratan kebijakan

Perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membuat akun Google. Jangan sesekali membuat akun Google untuk hal-hal yang tidak baik. Karena sekali nama dan identitas kamu digunakan untuk membuat akun lalu kamu membuat pelanggaran kebijakan. Akun kamu akan dibekukan oleh pihak Google dan selamanya nama dan identitas kamu tidak akan pernah bisa digunakan lagi.

Tentu ini akan jadi kerugian, karena untuk mendapatkan lagi akun Google penggantinya, kamu dengan terpaksa harus menggunakan nama dan identitas yang bukan sebenarnya milik kamu.

Cara membuat akun Google dan Gmail

Kalau kamu sudah paham tentang segala manfaat dan juga semua kebijakan dari Google, untuk membuat akun Google dan Gmail, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini

  • Pertama-tama klik link Buat Akun.
  • Maka kamu akan dihadapkan dengan form untuk pengisian data akun.
Form pendaftaran akun Google Gmail
  • Ada 5 form yang harus kamu isi. diantaranya:
    1. Nama Depan: Isi dengan nama depan kamu.
    2. Nama Belakang: Isi dengan nama belakang kamu.
    3. Nama Pengguna: Isi dengan nama yang akan kamu gunakan untuk akun Google. Namun disni terkadang nama yang kita gunakan bisa saja terpakai oleh orang lain. Kamu akan diberi nama alternatif kalau nama yang kamu gunakan sudah tidak tersedia.
    4. Sandi: Isi dengan kata sandi yang aman. Saran gunakan kata sandi yang menggunakan kombinasi huruf dan angka dan juga simbol.
    5. Konfirmasi kata sandi: Kamu harus memasukan 1 kali lagi kata sandi yang tadi kamu buat. Ingat harus sama dengan yang pertama ya.
  • Setelah semua form kamu isi dengan benar, silahkan klik tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya akan muncul form baru yang harus kamu lengkapi.
Form pengisian nomer hp dan tanggal lahir bulan tahun untuk akun google
  • Pada form diatas yang kamu isi adalah:
    1. Nomer telepon (Opsional): Artinya boleh di isi boleh tidak. Tapi sebaiknya di isi agar kamu sekaligus memiliki nomer hp untuk opsi pemulihan apabila terjadi masalah dengan akun kamu nantinya. Gunakan nomer HP yang aktif dan sudah teregistrasi.
    2. Alamat email pemulihan (Opsional): Yang ini sama sifatnya opsional, karena kamu baru membuat akun, untuk kolom tersebut biarkan saja jangan di isi.
    3. Tanggal/bulan/tahun: Nah sesuaikan dengan tanggal, bulan dan tahun kelahiran kamu.
    4. Jenis kelamin: Pilih yang sesuai dengan jenis kelamin kamu.
  • Kalau semuanya sudah terisi, silahkan klik tombol berikutnya.
  • Kamu akan dihadapkan dengan privasi dan persayaratan dari Google
  • Selanjutnya kamu klik tombol Saya Setuju, itu tandanya kamu setuju dengan semua privasi dan persyaratan dan Google.
  • Nah sampai disitu kamu sudah berhasil membuat akun Google dan secara otomatis kamu akan dibawa kehalaman Gmail.

Tidak sulit bukan? Demikianlah panduan lengkap cara membuat akun Google dan Gmail yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Yahoo Terbaru 2019.