Cara mengatasi Windows 7 not genuine

Cara mengatasi windows 7 not genuine - Pasti Anda sedang bingung, karena setiap kali menyalakan komputer/laptop tampilannya jadi blank hitam, dan dikanan bawah terlihat tulisan Windows7 Built 7601 This copy of windows not genuine.

Perlu Anda ketahui kalau Windows7 Built 7601 This copy of windows not genuine adalah kondisi dimana sebuah perangkat komputer/laptop terdeteksi oleh pihak microsoft menggunakan OS Windows yang tidak dilengkapi dengan serial key valid. Atau, dengan kata lain menggunakan OS Windows bajakan bukan versi original.

Tapi meskipun Anda menggunakan OS Windows yang sudah dilengkapi dengan serial key asli yang Anda beli secara legal, bukan berarti Anda akan sepenuhnya terlepas dari masalah ini. Karena bisa Anda atau ada orang lain dengan tidak sengaja menghapus serial key aslinya.

Terlebih kalau memang OS windows yang Anda gunakan adalah versi bajakan atau yang belum diaktivasi dengan serial key. Sudah sangat pasti setelah habis masa trialnya komputer Anda akan blank hitam dan menampilkan info Windows 7 Build 7601 Salinan windows ini tidak asli.

Lalu bagaimana cara yang bagus untuk mengatasi windows 7 not genuine? dibawah ini saya akan menjelaskan tiga cara untuk mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi.

1. Menggunakan CMD

Cara yang pertama ini kalau Anda menggunakan OS Windows bajakan atau serial key palsu.

Caranya sebagai berikut:

  • Klik windows --> All Program --> Accesories --> Command Prompt Admin (CMD)
  • Atau bisa juga dengan cara klik windows lalu dipencarian ketik CMD.
  • Klik kanan pada CMD lalu pilih Run as Administrator.
  • Setelah muncul jendela CMD silahkan  ketik "slmgr.vbs /upk" dan pastikan menggunakan spasi sebelum "/upk".
  • Lalu klik enter maka akan muncul notifikasi kalau serial key berhasil dihapus.
  • Langkah selanjutnya silahkan ketik "slmgr.vbs /rearm" lalu enter lagi.
  • Selanjutnya akan muncul perintah untuk merestart komputer
  • Silahkan restart komputer Anda.

Setelah komputer Anda booting lagi apakah notifikasi Windows7 Built 7601 This copy of windows not genuine masih ada atau sudah hilang? Kalau sudah hilang tapi komputer Anda masih blank hitam berarti cara diatas berhasil mengatasi masalah Anda.

Untuk mengembalikan tampilan agar tidak hitam lagi Anda harus melakukan penyetingan tampilan. Yaitu dengan cara klik kanan di dekstop lalu pilih personalize dan silahkan pilih thema yang ingin Anda gunakan untuk menghapus tampilan hitam di komputer Anda.

Apakah cara diatas akan membuat windows 7 Anda menjadi versi original secara permanent? Tentunya tidak, cara diatas sekalipun berhasil hanya untuk menghapus serial key palsu sudah diblok oleh microsoft dan mengembalikan windows pada masa trial lagi.

Jadi jangan heran kalau beberapa hari kedepan komputer/laptop Anda akan mengalami kejadian yang sama.

2. Menggunakan windows 7 loader

Windows 7 loader adalah sebuah software yang dirancang oleh pembuatnya untuk memasukan serial key palsu/bajakan dan memblokir system pendeteksi windows agar serial key palsu tersebut tidak terdeteksi oleh system keamanan windows.

Tapi bukan berarti ini akan membuat Anda selamanya merasa nyaman, karena Anda harus berhati-hati ketika melakukan update windows. Bisa saja seuatu saat pihak microsoft bisa mendeteksi kalau OS yang Anda gunakan bukan versi original.

Menurut pengalaman saya cara kedua ini lumayan ampuh, dan kalaupun suatu saat mengalami kejadian yang sama, Anda tinggal mengulanginya lagi menghapus Windows7 Built 7601 This copy of windows not genuinedengan windows 7 loader.

Kalau Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Matikan dulu Antivirus kalau dikomputer Anda terinstal antivirus. Karena sebagian antivirus yang sensitif akan menganggap kalau windows loader sebagai virus jahat.
  • Download windows loader disini.
  • Extract windows loader yang telah Anda donwload menggunakan winrar.
  • Setelah di extract klik kanan pada aplikasi windows loader exe nya lalu jalankan sebagai administrator (Run as Administrator).
  • Selanjutnya klik Install dan tunggu sampai prosesnya selesai
  • Setelah selesai akan muncul notifasi yang menyuruh Anda untuk merestart komputer
  • Silahkan restart.

Mungkin akan muncul pertanyaan, apakah cara mengatasi windows 7 not genuine menggunakan windows 7 loader itu aman?

Saya yakinkan kalau cara tersebut aman.

Lalu kenapa windows 7 loader terdeteksi sebagai virus?

Perlu ketahui, setiap software yang sifatnya merusak sebuah karya seseorang sudah pasti akan dianggap virus. Karena pembuat antivirus akan memasukan nama aplikasi atau software tersebut kedaftar virus.

Sementara untuk windows 7 loader ini sudah sangat jelas merusak dan merugikan pihak microsoft tapi menguntungkan buat Anda. Tanpa perlu menggunakan OS windows berikut serial keynya, Anda sudah bisa menjalankan OS windows selayaknya seperti yang membeli OS dan serial key asli.

Namun perlu Anda ketahui juga, kalau cara yang kedua ini tidak 100% menjamin akan aman dan nyaman selamanya. Sekalipun Anda sudah sangat berhati-hati, bahkan dengan sengaja mematikan system auto update windows, tetap saja ada kemungkinan windows Anda akan blank lagi.

Tapi seperti yang sudah saya jelaskan, kalau kejadian serupa terulang lagi, Anda tinggal melakukan langkah yang sama untuk mengatasi.

3. Cara mengatasi windows 7 not genuine menggunakan serial key asli

Kalau dua cara diatas menurut Anda terlalu ribet dan khawatir terjadi sesuatu yang tidak Anda harapkan, sebaiknya gunakan cara yang paling aman dan menjamin selamanya windows tetap berjalan dengan baik.

Disini Anda disarankan untuk membeli serial key asli windows 7 dari penjual resmi. Ingat jangan sesekali mencari serial key asli windows di internet. Karena saya berani jamin tidak mungkin ada satupun yang benar-benar asli.

Sekalipun bisa Anda gunakan itu sifatnya hanya sementara sebelum terdeteksi oleh pihak microsoft.

Cara menggunakan serial key windows 7 tidaklah sulit, cukup dengan langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada komputer
  • Pilih properties
  • Selanjutnya gulir kebawah dan cari tulisan Change serial key.
  • Lalu klik tulisan tersebut dan silahkan masukan serial key yang Anda beli sebelumnya.
  • Selesai.

Atau bisa juga dengan menggunakan cara cepat, yaitu restart komputer/laptop Anda, ketika menyala Anda akan mendapatkan notifasi. Nah perhatikan semua tulisan, pasti ada link untuk memasukan serial key.

Namun untuk saat ini sebaiknya Anda perhitungkan untuk menggunakan OS Windows 7. Mengingat sebentar lagi dukungan pihak microsoft untuk windows 7 akan segera dihentikan

Tapi bukan berarti windows 7 Anda tidak bisa lagi digunakan. Hanya update-update dan system keamanan tidak akan Anda dapatkan lagi. Jadi Anda harus mencari cara sendiri untuk melindungi komputer dari berbagai tindakan yang membahayakan keamanan.

Kesimpulan:

Cara mengatasi windows 7 yang saya sampaikan hanya sebatas referensi, jadi saya tidak bertanggung jawab kalau sesuatu yang buruk terjadi pada komputer Anda akibat mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan diatas.

Semuanya kembali lagi kepada Anda, kalau Anda ingin aman dan nyaman dalam menggunakan OS Windows, sebaiknya membeli OS asli yang sudah dilengkapi dengan serial key, dan jangan sesekali menggunakan OS windows bajakan.

Baca Juga: 16 Cara merawat Laptop agar awet dan tetap terjaga performanya.