Ketika Anda membuka setelan lainnya di android tentu akan melihat fitur VPN, dan tentu Anda bertanya, bagaimana cara seting atau cara pengaturan VPN di android itu buka? Nah, tenang saja, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengatur setingan VPN pada setiap smartphone Android hanya dengan beberapa langkah mudah saja agar fitur VPN di Android tersebut bisa Anda gunakan dengan baik.

Cara Seting PPTP VPN di Android

Setiap smartphone Android sudah pasti dilengkapi dengan fitur VPN, namun karena minimnya pengetahuan pengguna Android tentang fitur VPN tersebut, akhirnya kebanyakan dari mereka membiarkannya saja tanpa pernah digunakan.

Sedikit pertanyan, apa fungsi sebenarnya dari fitur VPN di android itu? Nah, fungsinya untuk mengamankan privacy Anda. Seperti menghiden IP asli bawaan jaringan internet yang Anda gunakan, juga untuk membuka situs-situs yang diblokir.

Sekarang Anda mulai tersadar, pantas saja ketika mau membuka beberapa situs favorit Anda selalu gagal. Hal itu terjadi karena situs tersebut tidak mengizinkan Anda mengaksesnya melalui jaringan internet Anda. Atau, operator jaringan internet Anda dengan sengaja membatasi ruang gerak koneksi Anda.

Lalu bagaimana cara seting VPN di Android itu?

Sangat-sangat mudah, silahkan ikuti petunjuk sederhana dibawah ini:

1. Membuat dulu akun PPTP VPN. Agar bisa menggunakan fitur VPN di Android langkah pertama Anda harus memiliki dulu akun PPTP VPN, yang nantinya akan menyambungkan koneksi dari jaringan internet lokal Anda melalui server VPN.

Banyak sekali layanan penyedia akun PPTP VPN, baik itu yang berbayar atau yang gratis, atau ada juga layanan berbayar yang memberikan uji coba gratis. Seperti salah satunya layanan VPN yang terkenal paling cepat dan paling aman yaitu Hide.me.

Kenapa saya memilih Hide me, karena mereka memberikan aplikasi gratis yang sangat mudah digunakan

Membuat akun PPTP VPN Gratis
  • Selanjutnya silahkan masukan alamat Email pada form yang tersedia, dan kalau sudah silahkan klik Daftar.
Mengisi email untuk daftar akun PPTP VPN
  • Selanjutnya silahkan periksa kotak masuk di email Anda untuk menyelesaikan proses registrasi, dan klik pada Aktifkan akun saya.
  • Langkah selanjutnya adalah pengaktifkan akun dengan cara mengisi nama penggunan misalnya"FD213". tanpa tanda kutip dan jangan menggunakan spasi.
  • Lalu masukan sandi minimal 8 digit huruf dan angka.
  • Kalau pengisian sudah selesai langkah terakhir klik pada Membuat akun.
  • Dan sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat akun PPTP VPN yang nantinya akan dimasukan ke setingan VPN di Android.
  • Selanjutnya silahkan download dan instal aplikasi Hide me VPN di Google Play Store.

2. Menjalankan Aplikasi VPN. Tahap diatas adalah pembuatan akun dan instal aplikasi, nah tahap selanjutnya adalah menggunakan akun dan menjalankan aplikasi VPN di Android.

Caranya sangat mudah sekali, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:

  • Buka aplikasi Hide me VPN yang telah Anda instal tadi lalu klik pada Login With Your Account.
  • Masukan nama pengguna beserta sandi yang telah Anda buat sebelumnya lalu klik Login.
  • Setelah berhasil login Anda berhak untuk memilih lokasi server yang sesuai dengan layanan gratis Anda.
  • Langkah terkahir klik Enable VPN dan tunggu sampai terkoneksi dengan baik.
  • Anda akan melihat IP baru yang menunjukan kalau itulah IP yang sekarang Anda gunakan.
  • Setelah Anda berhasil terkoneksi silahkan Logout atau Disable VPN dan buka pengaturan lainnya dan lihat fitur VPN. Anda akan melihat sekarang fitur VPN tersebut sudah terisi otomatis dengan Hide me VPN.
  • Dan untuk selanjutnya Anda bisa langsung menjalankan VPN lewat fitur tersebut atau tetap menggunakan aplikasi Hide me VPN.

Nah ternyata mudah bukan? Demikianlah cara seting dan menggunakan VPN di Android dengan beberapa langkah mudah. Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.