Anda mempunyai Laptop baru atau lama yang baru saja Anda instal OS? Kalau benar berarti Anda harus segera menginstal software dan aplikasi-aplikasi penting untuk Laptop Anda. Yang dimana software dan aplikasi tersebut sifatnya wajib terinstal, kalau tidak maka perangkat Laptop Anda tidak mungkin bisa digunakan dengan baik.

Software dan Aplikasi Penting untuk Laptop

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang software dan aplikasi-aplikasi apa saja yang harus Anda instal serta penjelasan tentang fungsi atau kegunaan dari software dan aplikasi-aplikasi tersebut.

Nah software dan aplikasi penting apa saja yang wajib terinstal dalam sebuah perangkat laptop itu? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. dotnetfx

Saya akan membahas dari yang paling dasar dulu yaitu dotnetfx. dotnetfx adalah software pelengkap windows yang tidak disertakan didalam file instalasi windows, dimana dotnetfx ini sangat penting terinstal karena nantinya akan banyak sekali aplikasi yang membutuhkan dotnetfx.

Terlebih kalau Anda menggunakan windows 7 keatas, tanpa dotnetfx akan sangat sering mendapati pesan error pada saat mau menjalinkan aplikasi tertentu.

dotnetfx bisa dengan mudah didapatkan langsung dari situs resmi microsoft, karena dotnetfx ini memang software yang diciptakan oleh microsoft untuk para pengguna OS windows besutannya.

Agar Anda lebih mudah menemukannya, dibawah ini sengaja saya berikan link yang menuju ke tempat mendownload software dotnetfx itu. Silahkan pilih yang sesuai dengan OS yang Anda gunakan.

2. Vcredist

Yang kedua adalah Vcredist. Software yang satu ini tidak kalah penting dengan dotnetfx, bahkan menurut saya jauh lebih sering dibutuhkan oleh lebih banyak aplikasi. Didalam Vcredist ini terdapat banyak sekali file .dll yang sangat penting keberadaanya agar bisa menjalankan berbagai aplikasi windows.

Vcredist atau tepatnya Microsoft Visual C++ Redistributable Package ini ada beberapa jenis dan hadir seiring update -update yang dilakukan oleh microsoft, yang paling umum digunakan adalah Vcredist 2005, Vcredist 2008, Vcredist 2010 dan Vcredist 2012.

Agar Anda lebih mudah mendapatkannya, dibawah ini saya berikan link yang menuju ke situs resmi microsoft. Silahkan downlaod dan instal sesuai dengan yang Anda butuhkan.

3. Direx

Direx adalah plugin software yang erat kaitannya dengan audio dan visual grafis. Dimana banyak sekali aplikasi windows pihak ketiga yang tidak akan berjalan sempurna kalau pada perangkat komputer tidak terinstal direx. Apalagi kalau Anda suka bermain game PC, pasti banyak sekali game PC yang tidak bisa berjalan tanpa direx.

Untuk direx ini sangat banyak juga jenisnya, dari pertama diciptakan pada bulan april 2005 sampai bulan juni 2010 terhitung ada 153 jenis direx, dan kesemuanya itu sangat penting untuk di instal. Tapi jangan khawatir, dari 153 file tersebut ukurannya sangat kecil, tidak sampai 200mb dan dilengkapi dengan file auto instaler, jadi Anda cukup menjalankan perintah auto instaler maka semua direx akan terinstal otomatis.

Untuk direx yang sudah saya rangkum dari semua jenis direx dan saya beri nama Direx_2010 bisa Anda dapatkan lewat link download dibawah ini

4. Driver

Pasti Anda melihat kalau tampilan layar atau desktop laptop Anda terlihat tidak rapih dengan font dan icon yang besar-besar, nah itu karena laptopnya belum terinstal driver. Driver meliputi banyak fitur yang ada pada laptop, seperti grafik, audio, LAN, Wi-Fi, USB, Cardreader, AHCI, SATA, DVD dan lain-lain.

Biasanya setiap perangkat laptop sudah dibekali dengan kaset VCD atau DVD driver, dan itu akan lebih mudah menginstalnya daripada harus mendownload satu persatu driver yang dibutuhkan.

Namun untuk laptop yang sudah lama kemungkinan kaset instalan drivernya sudah rusak atau hilang. Nah disini saya sarankan daripada Anda pusing kesana kemari mencari berbagai driver yang cocok untuk type chip dan motherboard laptop Anda sebaiknya gunakan driverpack solution.

Apa itu driverpack solution? driverpack solution adalah software yang didalamnya terdapat hampir 99% kumpulan driver dari berbagai jenis chip dan motherboard laptop. Saya sendiri lebih suka menggunakan driverpack solution daripada menggunakan driver bawaan yang terkadang kurang update.

Untuk driverpack solution bisa Anda dapatkan di internet, karena banyak sekali situs-situs yang mengsahre driverpack solution. Usahakan untuk mencari driverpack solution yang paling baru agar lebih uptodate.

5. Browser

adalah aplikasi untuk melakukan browsing,streaming dan download-download file dari internet. Seperti kalau Anda mau mendownload driver-driver yang saya sebutkan diatas maka diperlukan sebuah browser.

Untuk windows8 kebawah microsoft hanya melengkapi instalasi windows dengan Internet Explorer (IE), yang dimana Internet Explorer memiliki beberapa kekurangan. Berbeda kalau Anda menggunakan OS windows10, untuk aplikasi browser sudah dilengkapi dengan browser yang sempurna.

6. Antivirus

Walau setiap instalasi windows sudah dilengkapi dengan fitur antivirus keamaan dasar, tapi sangat tidak cukup untuk mengantisipasi kejahatan cyber saat ini. Oleh sebab itu sangat disarankan setiap perangkat laptop menginstal antivirus yang baik dalam segi keamanan.

Baca Juga: Tips Melindungi Komputer Dari Serangan Virus.

7. Aplikasi downloader

Setiap browser sudah dilengkapi dengan fitur download, namun itu saja tidak cukup mengingat kalau kecepatan download pada browser dibatasi dan juga sering error apabila kita menghentikan download dan melanjutkannya lain waktu.

8. Microsoft Office

Belum lengkap sebuah perangkat komputer / laptop apabila didalamnya belum terinstal microsoft office. Dimana hampir semua pengguna laptop tujuan dari memiliki laptop adalah untuk membantu melakukan pekerjaan dalam hal tulis menulis.

Nah untuk pilihan aplikasi tulis menulis dan apapun yang berhubungan dengan tugas kantor tidak ada rekomendasi lain selain menggunakan microsoft office.

9. Pemutar Audio dan Video

Windows telah dilengkapi dengan aplikasi pemutar audio dan video dasar. Namun, itu saja tidak cukup, karena banyak sekali format audio dan terutama video yang membutuhkan pemutar pintar yang tida bisa dijalankan menggunakan pemutar audio/video bawaan dasar windows itu sendiri.

Nah oleh sebab itu sangat penting setiap laptop menginstal aplikasi pemutar audio video yang suport semua jenis atau semua format audio dan video. Untuk pemutar audio dan video yang saya merekomendasikan menggunakan VLC Player yang merupakan aplikasi gratis tapi memiliki fitur yang sangat lengkap.

10. Video Editor

Walau Anda bukan seorang editor, tapi melengkapi perangkat laptop dengan aplikasi video editor aya rasa sangat penting. Karena banyak hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan selain mengerjakan tugas kantor.

Untuk aplikasi video editor banyak sekali macamnya dan Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli atau mencari yang versi gratisnya. Bahkan banyak sekali aplikasi video editor dalam bentuk premium yang dishare secara gratis di internet.

11. Pembersih atau Cleaner

Setiap perangkat laptop tentu perlu dirawat dengan sebaik-baiknya, dana salah satu cara merawat laptop adalah dengan cara membersihkan file-file sampah atau temporary file setiap kali selesai digunakan.

Banyak sekali pilihan aplikasi pembersih windows yang bisa Anda gunakan, seperti misalnya CCleaner, RAM Cleaner, Disk Cleaner dan lain-lain.

Walau sebenarnya di setiap windows sudah dilengkapi dengan pembersih yang diperlukan, tapi untuk menggunakannya terbilang sedikit ribet. Oleh sebab itu saya sangat menyarankan untuk menggunakan pembersih dari pihak ketiga.

Nah demikianlah penjelasan tentang software dan aplikasi penting untuk laptop yang sifatnya wajib terinstal disetiap perangkat laptop. Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.