Tips Aman Menggunakan OpenVPN

VPN atau lengkapnya OpenVPN merupakan jaringan IP yang mampu menembus berbagai sensor internet. Atau dengan bahasa lain, dengan menggunakan OpenVPN maka kita bisa dengan leluasa membuka situs-situs yang diblokir oleh jaringan internet lokal.

Namun apakah kamu tau kalau dibalik kemudahan menggunakan openVPN baik di PC maupun Android ada bahanya juga? Kamu masuk ke artikel ini pasti karena ragu, apakah menggunakan openVPN itu aman atau tidak.

Sebenarnya tetap aman sih, bahkan sangat aman. Asalkan kamu tau bagaimana cara menggunaka openVPN agar menjamin keamanan perangkat dan akun kamu tentunya.

Lalu bagaimana cara menggunakan OpenVPN agar tetap aman? Simaklah pejelasan lengkapnya dibawah ini.

Namun sebelum kita lanjut pada pembahasan pokoknya, saya akan menjelaskan dulu kelebihan menggunakan OpenVPN baik di PC dan juga Android.

Kelebihan menggunakan OpenVPN

Seperti yang telah saya ulas diatas, kelebihan dari menggunakan OpenVPN adalah kita bisa menembus batas pemblokiran internet.

ketika kamu hendak browsing kesitus tertentu yang kena internet filtering dari jaringan operator yang kamu gunakan, dengan

menggunakan OpenVPN maka kamu bisa dengan leluasa menembus firewall jaringan internet.

Selain itu dalam segi keamanan, kamu juga lebih terjamin. Karena OpenVPN menggunakan encripsi yang sangat bagus. Sehingga ketika kamu menggunakan openVPN dari negara eropa misalnya.

Dengan system apapun siapapun tidak akan tahu keberadaan kamu sebenarnya dimana. Karena yang akan mereka deteksi keberadaan kamu berada di negara asal IP OpenVPN itu.

Kekuranan menggunakan OpenVPN

Nah selain kelebihan, banyak juga kekurangannya. Anatar lain:

  • Kecepatan internet jadi berkurang
  • PC atau Android jadi cepat panas
  • Tidak bisa digunakan untuk transaksi online
  • Perangkat PC atau HP lebih mudah terserang virus
  • Berbahaya untuk akun-akun penting
  • dan masih banyak lagi

Nah setelah kamu mengetaahui kelebihan dan kekurangan dari menggunakan OpenVPN, apakah kamu masih tetap ingin menggunakannya?

Kalau tetap ikuti tips yang akan saya jelaskan berikut ini

Tips aman menggunakan OpenVPN di PC dan Anddroid

1. Jangan gunakan OpenVPN gratisan

Perlu kamu ketahui, kalau OpenVPN gratisan biasanya digunakan oleh banyak orang. Atau bisa dibilang 1 IP Address dipakai ramai-ramai.

Nah disitulah letak bahayanya menggunakan OpenVPN gratisan. Karena tanpa sepengetahuan kamu, bisa saja ada orang jahat yang ikut numpang pada IP yang kamu gunakan untuk mencuri data kamu.

Selain itu, biasanya OpenVPN gratisan akan sangat lambat koneksinya. Karena seperti yang saya jelaskan diatas, kalau 1 IP Address dipakai ramai-ramai maka port share dan bandwidthnya jadi cepat habis.

Kalau sudah habis atau berkurang maka kecepatannya akan sangat lambat. Tidak dipakai ramai-ramaipun sudah mengurangi kecepatan asli dari internet yang kamu gunakan. Terlebih lagi kalau dipakai ramai-ramai, bisa kamu bayangkan sendiri.

kalau kamu suka menggunakan OpenVPN, beli saja VPS sendiri, lalu instal OpenVPN dan pakai oleh kamu sendiri. Jangan dibagi ke orang lain.

2. Jangan bertransaksi online sambil menggunakan OpenVPN

Yang saya maksud bertransaksi online adalah seperti menggunakan internet banking, belanja online, mengakses akun paypal, mengakses akun bitcoin dan lain-lain yang termasuk kedalam transaksi online.

Karena IP yang kamu gunakan merupakan IP yang dilarang oleh hampir keseluruhan penyedia layanan transaksi online.

Kalau kamu mencoba bertransaksi sambil menggunakan OpenVPN, siap-siap saja akses akun kamu akan diblokir bahkan bisa dibekukan.

Ini pengalaman saya sendiri. Pernah suatu waktu menggunakan internet banking BRI sambil meenggunakan SSH, karena lupa. Ketika hendak login ttibaa-tiba saya disuruh keluar dan harus menjawab beberapa pertanyaan.

Meskipun saya sudah benar menjawab pertanyaan, tapi tetap saja akun internet banking saya saat itu juga langsung diblokir. Dan baru bisa digunakan lagi setelah datang ke kantor BRI dan menjelaskan kronologinya.

3. Jangan digunakan untuk bermain game online

Walau sifatnya cuma game online atau cuma untuk senang-senang. Tapi saya yakin kalau kamu tidak mau kalau akun kamu dibanned oleh layanan game online gara-gara kamu terdeteksi menggunakan OpenVPN.

4. Jangan terlalu sering membuka situs dewasa

Hampir rata-rata para pengguna OpenVPN biasanya karena ingin bebas mengakses situs-situs seperti itu. Termasuk kamu tentunya.. hehe.

Biasanya disitus-situs seperti itu terdapat banyak sekali jebakan malware. Yang apabila kamu lengah dan mencoba membukanya, maka saat itu juga malware ataau virus akan langsung masuk dan merusak perangkat PC atau Android kamu.

5. Jangan keseringan digunakan untuk membuka jejaring sosial

Misalnya membuka facebook, login akun gmail, twitter dan lain-lain. Karena system keamanan dari layanan tersebut akan mendeteksi adanya lalulintas tidak wajar. Dan biasaya akses pengguna OpenVPN ke layanan-layanan tersebut akan dinonaktifkan untuk sementara samapi yang bersangkutan berhasil memberikan identitas yang sebenarnya.

tips agar tetap aman menggunakan OpenVPN di PC dan Android yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.